Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaEdukasi

Menyelamatkan Generasi Gen Z Islam di Pesantren

12
×

Menyelamatkan Generasi Gen Z Islam di Pesantren

Share this article
Generasi muda Gen Z (feepik.com)
Example 468x60

ppmindonesia.com, Semarang-Pengangguran di kalangan Gen-z akan terus bertambah. Hari ini ada 9 juta. Munculnya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) akan menggerus banyak profesi. Seperti profesi hukum, wartawan, desain grafis, akunting, biro perjalanan umroh, pemilik hotel, ritel, supir, Pembantu rumah tangga, buruh dan masih banyak lagi, termasuk profesi konten kreator. Siapa yang tidak menyesuaikan perkembangan ini bakal lewat.

Jadi pengangguran akan terus bertambah. Indonesia 10 th yang akan datang diprediksi pengangguran 40%, itu artinya kemiskinan bisa tembus 60%, dunia akan makin serba tidak pasti. Kejahatan akan meningkat tajam. Indonesia emas bakal jadi omong kosong belaka.

Example 300x600

Siapa yang bisa bertahan dalam perkembangan adalah mereka yang menguasai sektor produksi. Misal mereka yang tekun bertani sekaligus agar kuasai sektor pangan. Tentu basisnya organik agar lingkungan sehat bumi makin subur.

Siapa yang perlu kita selamatnya? Generasi muda Islam yang ada di pesantren2. Yang punya ilmu dan skill apa saja arahkan ke sana. Tanpa ada penyelamatan generasi muda santri (gen-z islam) ancaman generasi islam akan menjadi kenyataan.

Kualitas Gen-z hari ini sangat rendah, baik ilmu agamanya, kapasitas intelektualnya maupun skill-nya. Mereka adalah generasi krupuk yang bakal jadi beban sosial jika tidak kita selamatkan.

Pandai-pandailah membaca zaman. Tapi dari semua ilmu yang kita berikan, yang wajib kokoh adalah menanamkan aqidah semurni-murnintanya kepada Cen-z di kalangan santri.(guntoro s)

Example 300250
Example 120x600