Scroll untuk baca artikel
Nasional

Hari Anak Nasional: Sejarah, Tema, dan Makna Logo 2024

84
×

Hari Anak Nasional: Sejarah, Tema, dan Makna Logo 2024

Share this article
Logo hari anak nasional
Example 468x60

ppmindonesia.com,Jakarta, Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli sebagai momen untuk menghayati pentingnya peran anak sebagai generasi penerus bangsa. HAN tahun ini mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, dengan makna mendalam tentang pentingnya menjaga dan memenuhi hak-hak anak demi kemajuan masa depan bangsa.

Sejarah panjang HAN bermula dari gagasan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di tahun 1951. Perayaan Hari Kanak-Kanak Nasional pertama diadakan pada tahun 1952, dan tanggal peringatannya mengalami beberapa kali perubahan hingga ditetapkan pada tanggal 23 Juli 1979, bertepatan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak.

Beberapa sub tema HAN 2024:

  • Anak cerdas, berinternet sehat: Mendorong anak Indonesia untuk memanfaatkan internet dengan bijak dan terhindar dari dampak negatifnya.
  • Suara anak membangun bangsa: Memberikan ruang bagi anak untuk menyampaikan ide dan aspirasinya demi masa depan bangsa yang lebih baik.
  • Pancasila di hati anak Indonesia: Menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini dalam diri anak-anak sebagai landasan moral dan karakter bangsa.
  • Dare to lead and speak up: Anak pelopor dan pelapor: Membangun keberanian dan jiwa kepemimpinan anak untuk membela haknya dan menjadi agen perubahan sosial.
  • Pengasuhan layak untuk anak: Digital parenting: Meningkatkan kesadaran orang tua dan pengasuh terkait pola asuh yang positif di era digital.
  • Anak merdeka dari kekerasan, perkawinan anak, pekerja anak dan stunting: Mewujudkan lingkungan yang aman dan bebas dari eksploitasi bagi anak-anak.

Makna Logo HAN 2024:

  • Tiga anak yang memegang bendera merah putih: Melambangkan semangat persatuan, nasionalisme, dan cita-cita anak sebagai generasi penerus bangsa.
  • Warna merah dan putih: Mewakili semangat kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia.
  • Garis berwarna abu-abu: Menggambarkan situasi perubahan kebutuhan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang perlu diupayakan.

HAN merupakan pengingat bagi seluruh elemen bangsa untuk terus bergotong royong dalam melindungi dan mewujudkan hak-hak anak. Dengan anak-anak yang terlindungi dan sejahtera, Indonesia akan maju dan gemilang di masa depan.(ppm)

Referensi:

Example 300250
Example 120x600